Sukses Karena Rasa Jengah


Rasa jengah atau merasa tertantang, bisa menjadi motivasi kuat seseorang untuk bisa berkiprah dan sukses. Hal ini sudah dibuktikan A.A Mira Darini(36). Wanita pemilik Pasar Oleh-Oleh dan Pabrik Kaos Kartun CV Agung Bali yang berlokasi dikawasan wisata Tanah Lot ini, tidak mengawali bisnisnya dengan persiapan yang sangat direncanakan. Niatnya muncul karena dirinya merasa jengah untuk bisa berhasil menjalankan bisnis oleh-olehnya yang saat itu terkesan berjalan ditempat.

Pada awalnya, Bu Agung, melakoni bisnis oleh-oleh atau souvenir selayaknya yang dilakoni banyak pelaku pariwisata lainnya. Dimulai dari tahun 2003 dengan menempati sebuah kios atau toko dengan ukuran 3x4 meter. Ketika itu muncul rasa jengah dalam dirinya bagaimana bisa memajukan tokonya itu. Akhirnya muncul ide untuk menjual produk sendiri yang spesial yang bisa menjadi ciri khas tokonya.

Bu Agung serius berbenah, dengan ketekunan dan komitmennya untuk maju, Pasar Oleh-Oleh CV Agung Bali akhirnya mampu bersaing bahkan makin ekspansif. Kualitas produk menjadi unggulan sekaligus andalannya, demikian pula dengan hal pelayanan terus ditingkatkan. Tak hanya bangunan, fisik toko yang diperluas, tetapi juga dilengkapi dengan sarana katering dengan pemandangan lapangan golf, toilet gratis, dan mushola.

Berdiri diatas lahan seluas 1 hektar, Pasar Oleh-Oleh CV. Agung Bali tak kurang dikunjungi 1000 tamu setiap harinya. Meski dijalankan dengan sistem konvensional, namun Bu Agung Mira mengakui, hal itu tetap membawa berkah tersendiri. Baginya yang paling utama menjalin kemitraan bisnis yang baik, adil, jujur, dan terbuka dengan para tour leader/guide yang mengajak tamu-tamunya ke CV Agung Bali. "Kami memberikan kartu member kepada mereka. Ini penting untuk jalinan kerja sama selanjutnya. Sudah ribuan kartu member kami keluarkan," tuturnya.

Profil sukses seorang A.A Mira Darini ini dikenal memiliki kemauan untuk belajar sangat besar. Dari tekadnya ini tumbuh niat kuat secara pro aktif bisa menciptakan produk berkualitas sesuai selera pasar. "Saya datang langsung ketempat-tempat sablon melihat bagaimana membuat kaos yang baik, mencari tukang jarit, mencari tenaga desain grafis sampai produk dipasarkan. Saya mencari ilmu dengan terjun langsung. Dan begitu saya tahu apa keuntungannya jika saya bisa menangani semuanya sendiri" kata wanita yang berprinsip 'Harus Bisa' ini.

Keberhasilan mengelola Pasar Oleh-Oleh CV. Agung Bali, bisa terlihat dari tempatnya yang tak hanya ada di Tanah Lot. Wisatawan yang berkunjung ke Kuta juga bisa mendapatkan koleksi kaos kartun yang unik ini di Agung Bali Kuta, tepatnya depan Joger. Tak hanya itu, Bu Agung juga berencana membuka lagi dikawasan Sunset Road, Kuta. "Saya hanya berusaha menjalani apa yang saya bisa, hasilnya terserah pada Tuhan. Saya berharap bisnis ini bisa eksis karena banyak pihak punya andil dan turut serta membesarkannya," tekadnya. (Koran Tokoh, Edisi Nomer 547/Tahun X, 5-11 Juli  20009).

 

Sukses Karena Rasa Jengah

A.A Mira Darini