Mengenal Pura Besakih Lebih Dalam Agar Mengetahui Sejarahnya

Mengenal Pura Besakih Lebih Dalam Agar Mengetahui Sejarahnya

Pura Besakih merupakan salah satu pura yang sangat terkenal di Bali, di mana pura ini tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di pura. Seperti Anda ketahui, Bali merupakan pulau yang memiliki banyak pura. Tentunya setiap lokasi memiliki sejarah tersendiri. Karena pura ini merupakan salah satu pura yang sangat populer maka wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Bali nanti. Pastinya sebelum berkunjung terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai pura ini. Info ini merupakan info dasar yang sangat wajib diketahui oleh semua. Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak mengetahui info dasar seperti ini. Dengan begitu, liburan Anda tidak hanya memangdang keindahan lokasi sekitarnya saja, tetapi juga mendapat pengetahuan lebih banyak.

Lokasi Pura yang Strategis

Foto diambil dari @nowbalimag

Pura Besakih sendiri terletak di desa Besakih, kabupaten Karangasem. Dalam kompleks pura ini terdiri dengan satu pura pusat dan 18 pura pendamping. Pada areal pura ini dipercaya merupakan tempat menerima wahyu dari Tuhan dimana hal ini merupakan cikal bakal dari agama Hindu dharma di pulau Bali. 
Karena itulah pura ini menjadi pusat seluruh kegiatan pura yang ada di Bali. Pura Penataran agung merupakan pulau yang paling besar di dalam pura ini. Tentunya dalam pura ini terdapat 3 buah aja yang dikenal sebagai trimurti yaitu arca dewa brahmana, arca dewa Wisnu, dan dewa Siwa. Pastinya jika berkunjung ke pura ini ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan dan pelajari untuk menambah wawasan.

Sejarah Pembangunan Pura Besakih

Tidak ada catatan yang pasti mengenai pembangunan dari pura ini. Hanya ada sebuah pondasi yang terdapat di pura Penataran agung. Tentunya pondasi batu tersebut memiliki kemiripan dengan pura yang dibangun pada zaman megalitikum 2000 tahun yang lalu. Namun para peneliti hanya mampu menetapkan bahwa pura ini telah digunakan sejak tahun 1284. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak hal menarik yang terjadi di pura ini. Salah satu buktinya adalah pada abad ke-15 pura ini dijadikan sebagai pura kerajaan dinasti gelgel. Oleh sebab itu dengan banyaknya hal menarik yang terdapat di ini, maka jangan sampai Anda tidak mengunjunginya. Rasanhya tidak lengkap berkunjung ke Bali jika tidak berkunjung ke pura besakih ini.

Apakah Anda menyukai artikel ini?

Artikel SebelumnyaDaftar Museum Keren di Bali untuk Destinasi Wisata Seru
Artikel SelanjutnyaTempat Snorkeling di Bali yang Menawarkan Pemandangan Indah